AZMI, HUDA NURUL (2019) GAMBARAN PENGGUNAAN OBAT DAN TINGKAT PENGETAHUAN PADA WANITA HAMIL YANG MENERIMA HOME PHARMACEUTICAL CARE. Sarjana thesis, STIKes BTH Tasikmalaya.
Text (SKRIPSI)
31115138_Huda Nurul Azmi_Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kehamilan merupakan mata rantai yang berkesinambungan yang terdiri dari ovulasi kemudian pertemuan antara sel telur dengan sperma, setelah itu terjadi pembuahan dan pertumbuhan zigot pada uterus dan pembentukan plasenta. Penggunaan obat pada saat hamil sangat perlu diperhatikan. Kesalahan penggunaan obat pada saat hamil dapat menimbulkan dampak yang buruk terhadap janin. Pengetahuan penggunaan obat pada ibu hamil sangat diperlukan, pengetahuan tersebut bisa didapatkan melalui konseling. Konseling merupakan suatu upaya untuk memberikan pendidikan kesehatan pada ibu hamil. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian konseling dalam meningkatkan pengetahuan pada ibu hamil dan mengetahui profil penggunaan obat pada ibu hamil. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental deskriptif, desain penelitian ini yaitu Two Group, Randomized, Pretest-Posttest dengan pemberian kuisioner. Kuisioner diberikan kepada 29 responden di Puskesmas Kahuripan Kota Tasikmalaya pada bulan Februari-April 2019. Mayoritas penggunaan obat pada kehamilan adalah suplemen besi yaitu 35,97%. Pengetahuan responden sebelum diberikan konseling sebagian besar adalah sedang (50%) dan meningkat setelah diberikannya konseling menjadi tinggi (78,6%).Kesimpulan: konseling dapat meningkatkan tingkat pengetahuan ibu hamil dan tidak terdapat obat yang membahayakan pertumbuhan janin. Kata Kunci: Kehamilan, Konseling, Pengetahuan, Profil Obat
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi Farmasi |
Divisions: | Prodi Farmasi |
Depositing User: | Sherin Theresina Zaitun |
Date Deposited: | 14 Apr 2020 02:32 |
Last Modified: | 14 Apr 2020 02:32 |
URI: | https://repository.universitas-bth.ac.id/id/eprint/178 |
Actions (login required)
View Item |