PENGARUH BERMAIN VIDEO GAMES DENGAN KELAINAN REFRAKSI PADA PELAJAR KELAS 12 DI SMK NEGERI 1 CIPEUNDEUY SUBANG TAHUN 2019

AMNA, VEGGYA LUTUFUNNISA (2019) PENGARUH BERMAIN VIDEO GAMES DENGAN KELAINAN REFRAKSI PADA PELAJAR KELAS 12 DI SMK NEGERI 1 CIPEUNDEUY SUBANG TAHUN 2019. Diploma thesis, STIKes BTH Tasikmalaya.

[img] Text (KTI)
Veggya Lutufunnisa Amna (40116024).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kelainan refraksi mata merupakan gangguan mata yang sering terjadi pada seseorang. Kelainan refraksi yang umum terjadi antara lain myopia (rabun jauh), hipermetropia (rabun dekat), dan astigmatisme. Selain itu, gangguan presbiopia kadang juga dimasukkan ke dalam golongan kelainan refraksi (WHO, 2009). Seiring berkembangnya teknologi permainan yang berafiliasi dengan teknologi pun muncul, permainan yang berbasis elektronik seperti video games atau komputer games. Video games merupakan jenis permainan yang tidak asing lagi dimainkan oleh semua kalangan, termasuk anak usia sekolah. Akses untuk bermain video games sudah sangat mudah dan terjangkau oleh anak-anak.Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh bermain video games terhadap kelainan refraksi pada pelajar kelas 12 di SMK Negeri 1 Cipeundeuy Subang. Metode: Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional.Teknik yang di gunakan yaitu teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 138 responden. Intrumen yang digunakan adalah wawancara untuk mengukur perilaku bermain video games dan kartu Snellen untuk mengukur ketajaman visus mata. Data dianalisis dengan menggunakan spss. Hasil: Pengaruh bermain video games berdasarkan frekuensi bermain video games pelajar kelas 12 SMK Negeri 1 Cipeundeuy Subang adalah regular gamers yaitu sebanyak 71 orang (51.4%) responden. Sebagian besar pelajar kelas 12 SMK Negeri 1 Cipeundeuy Subang mengalami kelainan refraksi miopia yaitu sebanyak 84 orang (60.9%) responden. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signxxifikan perilaku bermain video game dengan kelainan refraksi pada pelajar kelasx 12 di SMK Negeri 1 Cipeundeuy Subang. Kata kunci : Kelainan refraksi, video games.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: KTI DIII-Refraksi Optisi
Divisions: Prodi Refraksi Optisi
Depositing User: Sherin Theresina Zaitun
Date Deposited: 27 Apr 2020 04:16
Last Modified: 27 Apr 2020 04:16
URI: https://repository.universitas-bth.ac.id/id/eprint/381

Actions (login required)

View Item View Item