DEWI, SRI NITA NOVIYANTI (2019) PERILAKU REMAJA DALAM MENGGUNAKAN LENSA KONTAK DI SMA NEGERI 1 KOTA TASIKMALAYA. Diploma thesis, STIKes BTH Tasikmalaya.
Text (KTI)
Srinita N D 40116020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Lensa kontak menjadi trend di kalangan remaja perempuan tak hanya dijadikan alat untuk memperbaiki tajam penglihatan, juga digunakan sebagai alat kosmetik Tujuan penelitian: untuk mengetahui perilaku remaja dalam menggunakan lensa kontak di SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Metode Penelitian: menggunakan desain penelitian deskriptif rancangan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah siswa kelas X periode 20182019 pada rentang usia 15-17 tahun yang termasuk kriteria inklusi dengan menggunakan total sampling, banyak sampel berjumlah 50 responden. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner berdasarkan perawatan lensa kontak, pemasangan dan pelepasan lensa kontak serta cara pemakaian dan lama pakai lensa kontak. Hasil penelitian: menunjukan sebanyak 58% berperilaku positif dan sebanyak 42% berperilaku negatif. Kesimpulan: Perilaku positif ditemukan pada perilaku mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan lensa kontak, perilaku tidak menyimpan tempat penyimpanan lensa kontak di tempat lembab (kamar mandi), menyimpan kembali lensa kontak pada tempat penyimpananya, tidak menggunakan lensa kontak ketika berenang dan tidur. Saran bagi institusi pendidikan dapat bekerjasama dengan petugas kesehatan dalam meningkatkan program UKS untuk melakukan promosi kesehatan khusunya tentang perilaku penggunaan, cara pembersihan terutama dalam perawatan lensa kontak. Kata Kunci: Lensa Kontak, Perilaku, Remaja
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | KTI DIII-Refraksi Optisi |
Divisions: | Prodi Refraksi Optisi |
Depositing User: | Sherin Theresina Zaitun |
Date Deposited: | 27 Apr 2020 04:28 |
Last Modified: | 27 Apr 2020 04:28 |
URI: | https://repository.universitas-bth.ac.id/id/eprint/385 |
Actions (login required)
View Item |