Wijaya, Rama Anggriana (2025) PENERAPAN TEKNIK BERMAIN ORIGAMI TERHADAP ANSIETAS HOSPITALISASI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI RSUD DR. SOEKARDJO TASIKMALAYA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA TASIKMALAYA.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak..pdf Download (240kB) |
![]() |
Text (BAB I - BAB V)
BAB I-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-.pdf Download (192kB) |
Abstract
PROGRAM STUDI D III KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA Karya Tulis Ilmiah, Juli 2025 Rama Anggriana Wijaya Penerapan Teknik Bermain Origami Terhadap Ansietas Hospitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah di RSUD Dr. Soekardjo Tasikmalaya Xv + 71 halaman + 8 tabel + 1 gambar + 14 lampiran ABSTRAK Kecemasan merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi pada anak-anak selama hospitalisasi, Kondisi ini dapat mempengaruhi kenyamanan, respons terhadap perawatan, serta memperlambat proses penyembuhan. Salah satu upaya yang efektif untuk mengurangi kecemasan adalah dengan terapi bermain sebagai intervensi non-farmakologis, termasuk teknik bermain origami yang menyenangkan dan mudah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik bermain origami dalam menurunkan tingkat kecemasan hospitalisasi pada anak usia prasekolah di RSUD Dr. Soekardjo Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus yang melibatkan dua subyek yaitu anak berusia 3-4 tahun yang mengalami kecemasan akibat hospitalisasi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan pengukuran menggunakan Face Image Scale (FIS) untuk menilai tingkat kecemasan sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan terapi bermain origami kedua subyek mengalami ansietas, ditandai dengan kebingungan, kekhawatiran, perilaku gelisah, dan ketegangan. Setelah penerapan terapi bermain origami selama tiga hari, menunjukan penurunan tingkat kecemasan atau ansietas pada kedua subyek, dengan subyek menunjukkan perbaikan dalam kondisi psikologis dan fisik mereka. Terapi bermain origami menurunkan tingkat kecemasan atau ansietas akibat hospitalisasi pada anak usia prasekolah. Terapi bermain origami sebaiknya menjadi intervensi non-farmakologis terpilih dalam perawatan anak yang mengalami kecemasan selama hospitalisasi. Kata Kunci: Kecemasan, Hospitalisasi, Terapi Bermain, Origami, Anak Usia Prasekolah. D III NURSING STUDY PROGRAM FACULTY OF HEALTH SCIENCES BAKTI TUNAS HUSADA UNIVERSITY Scientific Paper, July 2025 Rama Anggriana Wijaya Application of Origami Playing Techniques to Hospitalization Anxiety in Preschool Children at Dr. Soekardjo Regional Hospital, Tasikmalaya Xv + 71 pages + 8 tables + 1 pictures + 14 attachments ABSTRACT Anxiety is a common health problem in children during hospitalization. This condition can affect comfort, response to treatment, and slow the healing process. One effective effort to reduce anxiety is play therapy as a non-pharmacological intervention, including origami play techniques that are fun and easy to do. The purpose of this study was to determine the application of origami play techniques in reducing the level of anxiety in preschool-aged children at Dr. Soekardjo Tasikmalaya Regional Hospital. The research method used was a case study involving two subjects, namely children aged 3-4 years who experienced anxiety due to hospitalization. Data were collected through observation, interviews, and measurements using the Face Image Scale (FIS) to assess the level of anxiety before and after the intervention. The results showed that before being given origami play therapy, both subjects experienced anxiety, characterized by confusion, worry, restless behavior, and tension. After implementing origami play therapy for three days, showed a decrease in anxiety levels in both subjects, with subjects showing improvements in their psychological and physical conditions. Origami play therapy reduces the level of anxiety due to hospitalization in preschool-aged children. Origami play therapy should be the preferred non-pharmacological intervention in the treatment of children experiencing anxiety during hospitalization. Keywords: Anxiety, Hospitalization, Play Therapy, Origami, Preschool Children.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | KTI DIII-Keperawatan |
Divisions: | Prodi Keperawatan |
Depositing User: | A.Md.Kep. Rama Anggriana Wijaya |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 01:22 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 01:22 |
URI: | https://repository.universitas-bth.ac.id/id/eprint/4712 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |