Rahma, Qisty Zakia (2025) GAMBARAN PENGETAHUAN MENGENAI CARA MENJAGA KESEHATAN MATA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA SMAN 3 TASIKMALAYA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA TASIKMALAYA.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text (BAB I - BAB V)
BAB I-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
Abstract
Gambaran Pengetahuan Mengenai Cara Menjaga Kesehatan Mata Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa SMAN 3 Tasikmalaya Qisty Zakia Rahma D III Refraksi Optisi Universitas Bakti Tunas Husada Tasikmalaya Abstrak Kesehatan mata merupakan bagian penting dari kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kurangnya pengetahuan mengenai cara menjaga kesehatan mata dapat meningkatkan risiko gangguan penglihatan, terutama pada usia remaja. Pendidikan kesehatan berbasis teknologi seperti audiovisual merupakan jalur yang inovatif untuk pemberian informasi kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan siswa mengenai cara menjaga kesehatan mata menggunakan media audiovisual. Desain penelitian pre-eksperimen dengan One Group Pretest Posttest Design. Jumlah responden sebanyak 81 siswa SMAN 3 Tasikmalaya yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Terjadi peningkatan pada kategori pengetahuan “baik” dari 37,0% sebelum penyuluhan (pre-test) menjadi 88,9% setelah diberikan penyuluhan (post-test) menggunakan media audiovisual. Sementara itu, kategori pengetahuan “cukup” menurun dari 39,5% menjadi 6,2% dan kategori pengetahuan “kurang” dari 23,5% menjadi 4,9%. Dapat disimpulkan penyuluhan media audiovisual dapat meningkatkan pengetahuan cara menjaga kesehatan mata. Kata Kunci: Audiovisual, kesehatan mata, pengetahuan Abstract Eye health is an important part of overall body health. Lack of knowledge on how to maintain eye health can increase the risk of visual impairment, especially in adolescents. Technology-based health education such as audiovisual is an innovative pathway for providing health information. This study aims to determine the description of students' knowledge about how to maintain eye health using audiovisual media. Pre-experiment research design with One Group Pretest Posttest Design. The number of respondents was 81 students of SMAN 3 Tasikmalaya who were selected through simple random sampling technique. There was an increase in the “good” knowledge category from 37.0% before counseling (pre-test) to 88.9% after counseling (post-test) using audiovisual media. Meanwhile, the “moderate” knowledge category decreased from 39.5% to 6.2% and the “poor” knowledge category from 23.5% to 4.9%. It can be concluded that audiovisual media counseling can increase knowledge on how to maintain eye health. Keyword: Audiovisual, eye health, knowledge
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | KTI DIII-Refraksi Optisi |
Divisions: | Prodi Refraksi Optisi |
Depositing User: | A.Md.RO Qisty Zakia Rahma |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 01:13 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 01:13 |
URI: | https://repository.universitas-bth.ac.id/id/eprint/5159 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |