PENGARUH TERAPI KOGNITIF TERHADAP POLA PIKIR DAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA

Nurmalasari, Ayu (2020) PENGARUH TERAPI KOGNITIF TERHADAP POLA PIKIR DAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA. Diploma thesis, STIKES BTH TASIKMALAYA.

[img] Text (cover dan abstrak)
file 1 (cover, abstrak indonesia, abstrak inggris).pdf

Download (188kB)
[img] Text (BAB I - BAB V)
file 3 (BAB I-V).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text (daftar pustaka)
file 4 (daftar pustaka).pdf

Download (204kB)

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang : Perawat jiwa merupakan tenaga kesehatan terbesar yang tersebar di seluruh dunia yaitu sebesar 40%. Dengan jumlah sebanyak ini diharapkan mampu memecahkan masalah kesehatan jiwa dunia termasuk masalah bullying pada remaja. Salah satu intervensi keperawatan yang dapat dilakukan oleh seorang perawat adalah terapi kognitif pada tahun 2016. Tujuan : Mengidentifikasi hasil-hasil penelitian empiris tentang Pengaruh Terapi Kognitif Terhadap Pola Pikir dan Perilaku Bullying pada Remaja, mengetahui persamaan konsep/teori atau hasil-hasil penelitian tentang Pengaruh Terapi Kognitif Terhadap Pola Pikir dan Perilaku Bullying pada Remaja, mengetahui perbedaan konsep/teori atau hasil-hasil penelitian tentang Pengaruh Terapi Kognitif Terhadap Pola Pikir dan Perilaku Bullying pada Remaja. Metode Penelitian : Metode penelitian Literatur Review jenis Narrative Review. Populasi artikel yang digunakan dalam KTI ini seluruh artikel yang berada di Google Scholar baik Nasional maupun Internasional. Jumlah sampel 10 artikel yang judul penelitiannya tentang pengaruh terapi kognitif pada remaja dengan perilaku bullying dengan jenis penelitian primer/empiris yang tahun terbitnya sepuluh tahun terakhir. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kriteria inklusi dan eklusi. Analisa data menggunakan analisa deskriptif. Hasil : Hasil penelitian yang serupa dan berkaitan dijelaskan oleh penelitian Hasanah (2018), penelitian Aini (2019), penelitian Yonita dan Karneli (2019), penelitian Febriana dkk (2016), penelitian Shafira dan Saputra (2015) dan penelitian Haeba (2011) mengatakan bahwa terapi kognitif dapat berpengaruh terhadap perubahan perilaku pada remaja dengan perilaku bullying sedangkan ada perbedaan hasil yang didapat pada penelitian Hayatussofiyyah dkk (2017), penelitian Febriana (2017), penelitian Pambudhi dkk (2015) dan penelitian Suerni dkk (2013) bahwa terapi kognitif dapat menurunkan tingkat kecemasan, depresi dan merubah pola pikir pada remaja dengan perilaku bullying. Kata Kunci: Terapi Kognitif, Terapi Perilaku, Bullying ABSTRACT Background : Psychiatric nurses are the largest health workers scattered throughout the world at 40%. With this much amount is expected to be able to solve world mental health problems including bullying problems in adolescents. One nursing intervention that can be performed by a nurse is cognitive therapy in 2016. Objective : To identify the results of empirical research on the Effects of Cognitive Therapy on Thinking and Bullying Behavior in Adolescents, to find out the similarities of concepts / theories or the results of research on the Effects of Cognitive Therapies on Thinking and Behavior of Bullying in Adolescents, to know differences in concepts / theories or research results on the Effects of Cognitive Therapy on Bullying Mindset and Behavior in Adolescents. Research Methods : Research Methods Literature Review type Narrative Review. The article population used in this KTI is all articles in the Google Scholar both nationally and internationally. The number of samples is 10 articles whose research title is about the effect of cognitive therapy on adolescents with bullying behavior with the type of primary/empirical research in the last ten years. The sampling technique uses purposive sampling. Data collection uses inclusion and exclusion criteria. Data analysis uses descriptive analysis. Results : Similar and related research results are explained by Hasanah (2018), Aini (2019), Yonita and Karneli (2019), Febriana et al (2016), Shafira and Saputra (2015) and Haeba (2011) and Haeba (2011). said that cognitive therapy can affect behavior change in adolescents with bullying behavior while there are differences in the results obtained in the study of Hayatussofiyyah et al (2017), Febriana research (2017), Pambudhi et al (2015) and Suerni et al (2013) research that cognitive therapy can reduce the level of anxiety, depression and change the mindset in adolescents with bullying behavior. Keywords : Cognitive Therapy, Behavioral Therapy, Bullying oleh: Ayu Nurmalasari 10117008

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: KTI DIII-Keperawatan
Divisions: Prodi Keperawatan
Depositing User: A.Md.Kep. Ayu Nurmalasari
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:25
Last Modified: 31 Aug 2020 03:25
URI: https://repository.universitas-bth.ac.id/id/eprint/999

Actions (login required)

View Item View Item