PENERAPAN PEMBERIAN POLA MAKAN SEIMBANG PADA ANAK MALNUTRISI DI SDN INPRES CIGOROWONG KABUPATEN TASIKMALAYA

Kamaludin, Dede (2024) PENERAPAN PEMBERIAN POLA MAKAN SEIMBANG PADA ANAK MALNUTRISI DI SDN INPRES CIGOROWONG KABUPATEN TASIKMALAYA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA TASIKMALAYA.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB I-BAB V)
BAB 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text (ARTIKEL LENGKAP DAN HASIL CEK PLAGIARISME)
Surat Pernyataan Bebas Plagiat dan Hasil Cek Plagiarisme.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN PEMBERIAN POLA MAKAN SEIMBANG PADA ANAK MALNUTRISI DI SDN INPRES CIGOROWONG KABUPATEN TASIKMALAYA Dede Kamaludin PROGRAM STUDI D-III KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA Masa tumbuh kembang anak merupakan masa yang sangat kritis dalam kehidupan setiap anak. Salah satu penyebab terjadinya gangguan pada tumbuh kembang anak yaitu adanya masalah gizi, seperti malnutrisi akibat pola makan tidak seimbang. Penatalaksanaan untuk mencegah terjadinya masalah gizi pada anak sekolah adalah dengan pemberian pola makan seimbang. Tujuan studi kasus ini untuk mengetahui penerapan pemberian pola makan seimbang pada anak malnutrisi di SDN Inpres Cigorowong Kabupaten Tasikmalaya. Desain penelitian ini adalah studi kasus, jumlah subyek sebanyak 2 orang, pengambilan data selama 3 hari. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara, instrument studi kasus adalah SOP Pemberian makan per-oral. Analisis data menggunakan deskriptif naratif Hasil studi kasus menunjukkan bahwa setelah dilakukan pem-berian makan seimbang pada kedua subyek, pola makan membaik yang ditandai dengan nafsu makan membaik, frekuensi makan membaik, perasaan cepat kenyang menurun dan porsi makan yang dihabiskan meningkat. Kesimpulannya setelah penerapan pemberian pola makan seimbang, status nutrisi membaik. Saran bagi anak dan keluarga, agar bisa lebih memahami pentingnya pola makan seimbang, untuk mendukung tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya. Kata kunci : Malnutrisi, Pola Makan Seimbang. ABSTRACT IMPLEMENTATION OF PROVIDING A BALANCED DIET FOR MAL-NOURISHED CHILDREN AT SDN INPRES CIGOROWONG, TASIKMALAYA RE-GENCY Dede Kamaludin D-III NURSING STUDY PROGRAM FACULTY OF HEALTH SCIENCES BAKTI TUNAS HUSADA UNIVERSITY The period of child growth and development is a very critical period in every child's life. One of the cause of child's growth and development is nutritional problems, such as malnutrition due to y an unbalanced diet. Management to prevent nutri-tional problems in school children is by providing a balanced diet. The aim of this case study was to determine the application of providing a balanced diet to mal-nourished children at SDN Inpres Cigorowong, Tasikmalaya Regency. Research design was a case study, the number of subjects was 2 people, data collection was carried out for 3 days. Data collection techniques wete observation and interviews, the case study instrument was the SOP for oral feeding. Data analysis used de-scriptive narrative. The results of the case study showed that after providing bal-anced meals to both subjects, eating patterns improved as indicated by improved appetite, improved eating frequency, decreased feeling of fullness quickly and in-creased portions of food consumed. In conclusion, after implementing a balanced diet, children experience an increase in their dietary intake. It is recommended to the children and familiy, to better understand the importance of a balanced diet, to support children's growth and development according to their age. Keywords: Malnutrition, Balanced Diet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: KTI DIII-Keperawatan
Divisions: Prodi Keperawatan
Depositing User: A.Md.Kep. DEDE KAMALUDIN
Date Deposited: 11 Sep 2024 06:41
Last Modified: 11 Sep 2024 06:41
URI: https://repository.universitas-bth.ac.id/id/eprint/3925

Actions (login required)

View Item View Item