RISWANDI, DEDE (2025) PENERAPAN EDUKASI TOILET TRAINING TERHADAP KESIAPAN PENINGKATAN PENGETAHUAN PADA IBU DAN ANAK USIA TODDLER DI CILOLOHAN KOTA TASIKMALAYA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA TASIKMALAYA.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf Download (558kB) |
![]() |
Text (BAB 1-5 Dede)
BAB 1-5 Dede.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
Abstract
PROGRAM STUDI D III KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA Karya Tulis Ilmiah, Juni 2025 Dede Riswandi PENERAPAN EDUKASI TOILET TRAINING TERHADAP KESIAPAN PENINGKATAN PENGETAHUAN PADA IBU DAN ANAK USIA TOODLER DI CILOLOHAN KOTA TASIKMALAYA xiii + 77 halaman + 6 tabel + 14 lampiran ABSTRAK Toilet training merupakan proses penting dalam tahap perkembangan anak usia toddler (1–3 tahun), yang memerlukan kesiapan fisik, kognitif, emosional, serta dukungan dari orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan edukasi toilet training terhadap kesiapan peningkatan pengetahuan anak usia toddler di RT 002 RW 008, Cilolohan, Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan asuhan keperawatan. Subjek penelitian terdiri dari dua anak usia 2 tahun dengan pola asuh langsung dari orang tua kandung. Data dikumpulkan melalui observasi sebelum dan sesudah edukasi toilet training selama tiga hari. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada ketiga aspek yang di observasi, yaitu perilaku sesuai anjuran, verbalisasi minat belajar, dan perilaku sesuai pengetahuan. Setelah edukasi, anak mulai menunjukkan tanda ingin buang air, mengikuti instruksi, menggunakan kata-kata terkait toilet, serta melakukan langkah-langkah kebersihan diri secara mandiri. Peningkatan ini menunjukkan bahwa edukasi toilet training berdampak positif terhadap kesiapan dan pengetahuan anak dalam proses toilet training. Penelitian ini menyimpulkan bahwa intervensi edukatif secara konsisten mampu meningkatkan kesiapan toilet training pada anak toddler. Diharapkan penelitian selanjutnya melibatkan jumlah responden lebih banyak dan durasi observasi yang lebih lama untuk hasil yang lebih representatif. Kata kunci: Toilet training, Edukasi, Toddler, Kesiapan anak, Perilaku mandiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | KTI DIII-Keperawatan |
Divisions: | Prodi Keperawatan |
Depositing User: | A.Md.Kep. Dede Riswandi |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 00:39 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 00:39 |
URI: | https://repository.universitas-bth.ac.id/id/eprint/4602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |