IMPLEMENTASI SNELLEN CHART BERPANDUAN SEBAGAI METODE ALTERNATIF SKRINING TAJAM PENGLIHATAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH

NURAFIFAH, LILIS (2025) IMPLEMENTASI SNELLEN CHART BERPANDUAN SEBAGAI METODE ALTERNATIF SKRINING TAJAM PENGLIHATAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA TASIKMALAYA.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover, Abstrak.pdf

Download (193kB)
[img] Text (BAB I - BAB V)
BAB I-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi Snellen Chart Berpanduan Sebagai Metode Alternatif Skrining Tajam Penglihatan Di Lingkungan Sekolah Lilis Nurafifah Program Studi DIII Refraksi Optisis, Universitas Bakti Tunas Husada Tasikmalaya Abstrak Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan Snellen Chart berpanduan sebagai metode alternatif skrining tajam penglihatan di SDN 1 Buanamekar dan SMPN 3 Panumbangan. Menggunakan metode mixed methods dengan strategi concurrent triangulation, data kuantitatif diperoleh dari pemeriksaan visus, sedangkan data kualitatif melalui wawancara. Hasil menunjukkan mayoritas siswa memiliki penglihatan kategori normal berdasarkan ICD-10, dan alat dinilai efektif, mudah digunakan, serta meningkatkan kesadaran siswa terhadap kesehatan mata. Snellen Chart berpanduan berpotensi menjadi solusi skrining mandiri yang efisien di lingkungan sekolah dengan dukungan pelatihan dan sistem tindak lanjut. Kata Kunci : Anak Usia Sekolah, Deteksi Dini, Implementasi, Snellen chart, Tajam Penglihatan. Abtract This research aims to implement a guided Snellen Chart as an alternative method of visual acuity screening at SDN 1 Buanamekar and SMPN 3 Panumbangan. Using a mixed methods method with a concurrent triangulation strategy, quantitative data was obtained from visual inspection, while qualitative data was obtained through interviews. The results show that the majority of students have normal vision based on ICD-10, and the tool is considered effective, easy to use, and increases students' awareness of eye health. The guided Snellen Chart has the potential to be an efficient self-screening solution in the school environment with the support of training and a follow-up system. Key word : Early Detection, School Age Children, Snellen chart, Implementation, Visual acuity.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: KTI DIII-Refraksi Optisi
Divisions: Prodi Refraksi Optisi
Depositing User: A.Md.RO Lilis Nurafifah
Date Deposited: 18 Sep 2025 06:36
Last Modified: 18 Sep 2025 06:36
URI: https://repository.universitas-bth.ac.id/id/eprint/5000

Actions (login required)

View Item View Item