TINGKAT PENGETAHUAN BAHAYA GADGET TERHADAP KEJADIAN ASTENOPIA PADA SISWA SMAN 2 SINGAPARNA

Agustina, Isma Nadia (2025) TINGKAT PENGETAHUAN BAHAYA GADGET TERHADAP KEJADIAN ASTENOPIA PADA SISWA SMAN 2 SINGAPARNA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA TASIKMALAYA.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak nadia.pdf

Download (29kB)
[img] Text (Bab I - Bab V)
bab1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka nadia.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penggunaan gadget secara berlebihan di kalangan pelajar dapat menyebabkan gangguan kesehatan mata, salah satunya adalah astenopia (kelelahan mata). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa mengenai bahaya gadget terhadap kejadian astenopia sebelum dan sesudah diberikan intervensi edukasi menggunakan media booklet. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Singaparna dengan desain pre-eksperimen menggunakan pendekatan one-group pre-test dan post-test. Sampel sebanyak 71 siswa kelas XI dipilih melalui teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam tingkat pengetahuan siswa setelah intervensi, dari 74,6% dengan kategori pengetahuan baik sebelum edukasi, meningkat menjadi 90,1% setelah edukasi. Nilai p = 0,009 (< 0,05) menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan edukasi. Dengan demikian, pemberian edukasi menggunakan media booklet efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang bahaya gadget terhadap kejadian astenopia. Kata kunci: pengetahuan, astenopia, pelajar Excessive use of gadget s among students can cause eye health problems, one of which is asthenopia (eye fatigue). This study aims to determine the level of students' knowledge about the dangers of gadget s on the occurrence of asthenopia before and after being given educational intervention using booklet media. The study was conducted at SMA Negeri 2 Singaparna with a pre-experimental design using a one-group pre-test and post-test approach. A sample of 71 grade XI students was selected through a proportional random sampling technique. Data were collected using a questionnaire and analysed using the Wilcoxon Signed Rank Test. The results showed a significant increase in the level of students' knowledge after the intervention, from 74.6% with a good knowledge category before education, increasing to 90.1% after education. The p value = 0.009 (<0.05) indicates a significant difference before and after being given education. Thus, providing education using booklet media is effective in increasing students' knowledge about the dangers of gadget s on the occurrence of asthenopia. Key word: knowledge, asthenopia, students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: KTI DIII-Refraksi Optisi
Divisions: Prodi Refraksi Optisi
Depositing User: A.Md.RO Nadia Isma Agustina
Date Deposited: 24 Sep 2025 00:51
Last Modified: 24 Sep 2025 00:51
URI: https://repository.universitas-bth.ac.id/id/eprint/5183

Actions (login required)

View Item View Item