GUMILAR, HANDI (2025) INTERVENSI KEPERAWATAN TERAPI AFIRMASI POSITIF PADA MAHASISWA YANG MENGALAMI HARGA DIRI RENDAH SITUASIONAL DI UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA TASIKMALAYA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA TASIKMALAYA.
| ![[img]](https://repository.universitas-bth.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (Cover dan Abstrak) _COVER DAN ABSTRAK.pdf Download (28kB) | 
| ![[img]](https://repository.universitas-bth.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (Bab I - V) _BAB I - BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) | Request a copy | 
| ![[img]](https://repository.universitas-bth.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (DAFTAR PUSTAKA) DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) | 
Abstract
PROGRAM STUDI D III KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA Karya Tulis Ilmiah, Juli 2025 Handi Gumilar Intervensi Keperawatan Terapi Afirmasi Positif Pada Mahasiswa Yang Mengalami Harga Diri Rendah Situasional Di Universitas Bakti Tunas Husada Tasikmalaya xiv + 63 halaman + 5 tabel + 1 gambar + 16 lampiran ABSTRAK Latar Belakang: Masalah harga diri rendah di kalangan mahasiswa dapat mempengaruhi kesehatan mental dan kualitas hidup mereka. Terapi afirmasi positif dianggap sebagai pendekatan yang dapat membantu meningkatkan harga diri. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan karakteristik mahasiswa yang mengalami harga diri rendah situasional dan menganalisis efektivitas terapi afirmasi positif dalam meningkatkan harga diri mereka. Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan tiga responden yang mengalami harga diri rendah situasional. Data dikumpulkan melalui wawancara dan pengukuran menggunakan Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) sebelum dan sesudah intervensi. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan signifikan dalam tingkat harga diri rendah situasional setelah penerapan terapi afirmasi positif, dengan semua responden melaporkan peningkatan kepercayaan diri. Kesimpulan: Terapi afirmasi positif terbukti efektif dalam meningkatkan harga diri mahasiswa yang mengalami harga diri rendah situasional. Rekomendasi: Diharapkan institusi pendidikan dapat mengintegrasikan terapi afirmasi positif dalam program dukungan psikologis untuk mahasiswa, guna meningkatkan kesejahteraan mental mereka. Kata Kunci: Harga diri rendah, terapi afirmasi positif, mahasiswa, kesehatan mental, intervensi keperawatan
| Item Type: | Thesis (Diploma) | 
|---|---|
| Subjects: | KTI DIII-Keperawatan | 
| Divisions: | Prodi Keperawatan | 
| Depositing User: | A.Md.Kep. Handi Gumilar | 
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 02:56 | 
| Last Modified: | 27 Oct 2025 02:56 | 
| URI: | https://repository.universitas-bth.ac.id/id/eprint/5240 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        