TINGKAT STRESS MAHASISWA DALAM SISTEM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

MEILIAWANTI, SHELY (2021) TINGKAT STRESS MAHASISWA DALAM SISTEM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, STIKes BTH Tasikmalaya.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf

Download (30kB)
[img] Text (BAB I - BAB V)
BAB I - BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB)

Abstract

TINGKAT STRESS MAHASISWA DALAM SISTEM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 Shely Meiliawanti1, Wawan Rismawan2, Evi Irmayanti3 Program D III Keperawatan STIKes Bakti Tunas Husada Tasikmalaya JL. Cilolohan number 36 Tasikmalaya email: shelymeiliawanti3005@gmail.com ABSTRAK Wabah Covid-19 mengakibatkan kegiatan belajar mengajar yang awalnya secara tatap muka menjadi pembelajaran daring, keadaan ini membuat mahasiswa mengalami stress. Sebanyak 2 mahasiswa mengalami stres berat, 5 mahasiswa mengalami stres sedang, 2 mahasiswa mengalami stres ringan, dan 3 mahasiswa mengalami stres dalam kategori normal. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat stress pada mahasiswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini adalah literature review dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah artikel yang diperoleh dari 5 database yaitu dari 3 database jurnal nasional (Garuda, Google Scholar, Willey / PerpusNas) dan 2 jurnal internasional (Pub Med, Science Direct) dengan jumlah artikel yang didapat sebanyak 20 artikel. Hasil penelitian menyebutkan bahwa tingkat stress pada mahasiswa selama pembelajaran daring yang banyak terjadi pada mahasiswa adalah tingkat stress sedang. Kesimpulan penyebab terjadinya stress pada mahasiswa selama pembelajaran daring yang paling banyak terjadi pada mahasiwa adalah kesulitan memahami materi secara daring oleh karena itu mahasiswa disarankan untuk memahami materi sebelumnya atau bertanya kepada dosen dan teman. Kata Kunci : Tingkat stress, Pembelajaran daring, Mahasiswa, Covid-19 The Covid-19 outbreak has resulted in teaching and learning activities that were originally face-to-face to online learning, this situation makes students experience stress. A total of 2 students experienced severe stress, 5 students experienced moderate stress, 2 students experienced mild stress, and 3 students experienced stress in the normal category. The purpose of the study was to determine the level of stress in students in online learning during the Covid-19 pandemic. This research method is literature review with descriptive research type. The population of this study were articles obtained from 5 databases, namely from 3 national journal databases (Garuda, Google Scholar, Willey / National Library of Indonesia) and 2 international journals (Pub Med, Science Direct) with a total of 20 articles. The results of the study stated that the level of stress on students during online learning that mostly occurs in students is a moderate level of stress. The cause of stress on students during online learning that most often occurs in students is difficulty understanding the material online, therefore students are advised to understand the previous material or ask lecturers and friends. Keywords: Stress level, Online Learning, Students, Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: KTI DIII-Keperawatan
Divisions: Prodi Keperawatan
Depositing User: A.Md.Kep. SHELY MEILIAWANTI
Date Deposited: 23 Aug 2021 02:11
Last Modified: 23 Aug 2021 02:11
URI: https://repository.universitas-bth.ac.id/id/eprint/1342

Actions (login required)

View Item View Item