Firdaus, Raihan (2025) EFEKTIVITAS PEMBERIAN PENGETAHUAN TERKAIT DENGAN PENGGUNAAAN SOFT LENS PADA SISWA/SISWI KELAS XI SMAN 3 BANJAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA TASIKMALAYA.
![]() |
Text (Abstrak dan Cover)
cover item ehan_merged (1).pdf Download (236kB) |
![]() |
Text (Bab 1-5)
bab 1-5 kti ehan (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka rehan.pdf Download (173kB) |
Abstract
ABSTRAK Efektivitas Pemberian Pengetahuan Terkait Dengan Penggunaan Soft Lens Pada Siswa/Siswi Kelas XI SMAN 3 Banjar Raihan Firdaus, Eli Kurniasih, Nurul Zakiatul JF Program Studi Refraksi Optisi, Universitas BTH PROGRAM STUDI DIII REFRAKSI OPTISI UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA ABSTRAK Soft lens atau lensa kontak lunak adalah lensa tipis yang terbuat dari bahan fleksibel dan digunakan langsung pada permukaan mata sebagai alternatif kacamata. Lensa ini semakin populer di kalangan remaja karena alasan estetika dan kenyamanan. Namun, masih banyak pengguna, khususnya remaja, yang belum memahami cara penggunaan dan perawatannya secara tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas edukasi penggunaan soft lens pada siswa kelas XI di SMAN 3 Banjar. Metode yang digunakan adalah quasi-eksperimental dengan desain pretest-posttest tanpa kelompok kontrol yang dirancang secara sistematik untuk menjawab suatu penelitian, melibatkan 30 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan sebelum dan sesudah penyuluhan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan siswa setelah diberikan edukasi: dari 73,3% siswa dengan tingkat pengetahuan baik sebelum penyuluhan menjadi 100% setelahnya. Uji Wilcoxon menunjukkan nilai p = 0,00, yang mengindikasikan bahwa penyuluhan efektif dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa mengenai penggunaan soft lens yang aman dan tepat. Pengguna soft lens juga diimbau mengikuti aturan pemakaian dan perawatan yang benar serta rutin memeriksakan mata ke tenaga kesehatan. Kata kunci : pengetahuan, soft lens, pelajar ABSTRACT Soft lenses, or contact lenses, are thin, flexible lenses worn directly on the surface of the eye as an alternative to eyeglasses. These lenses are becoming increasingly popular among teenagers due to aesthetic and comfort reasons. However, many users, particularly adolescents, lack proper understanding of their usage and care. This study aimed to measure the effectiveness of soft lens usage education among 11th-grade students at SMAN 3 Banjar. The research employed a quasi-experimental design with a pretest-posttest format and no control group, involving 30 respondents. Data were collected using questionnaires administered before and after the educational session. The results showed a significant increase in students' knowledge: from 73.3% having good knowledge before the session to 100% afterward. The Wilcoxon test yielded a p-value of 0.00, indicating that the educational intervention was effective in improving students’ understanding of safe and proper soft lens usage. Users are advised to follow proper usage and care guidelines and to have regular eye check-ups with healthcare professionals.. Key word : knowledge, soft lens, students
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | KTI DIII-Refraksi Optisi |
Divisions: | Prodi Refraksi Optisi |
Depositing User: | A.Md.RO Raihan Firdaus Deng |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 00:49 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 00:49 |
URI: | https://repository.universitas-bth.ac.id/id/eprint/5184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |