PENERAPAN TERAPI BERMAIN BUKU BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK TODDLER DIV RW004 KP TANJUNG HURIP KABUPATEN TASIKMALAYA

Kemuning, Dwitia Ratna (2025) PENERAPAN TERAPI BERMAIN BUKU BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK TODDLER DIV RW004 KP TANJUNG HURIP KABUPATEN TASIKMALAYA. Diploma thesis, Universitas BTH Tasikmalaya.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER ABSCTRAC PDF.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB 1-5)
BAB 1-5 PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)

Abstract

Program Studi D III Keperawatan, Universitas Bakti Tunas Husada Jl. Letjen Mashudi No. 20, Kel. Setiaratu, Kec. Cibeureum, Jl. Cilolohan N0.36, Kel. Kahuripan, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat 46155 Email : sonihersoni@universitas-bth.ac.id Nomor handphone atau Whatsapp aktif : +6281323008880 ABSTRAK Perkembangan anak usia toddler sangat dipengaruhi oleh stimulasi yang tepat pada masa golden age. Salah satu bentuk stimulasi yang efektif dan menyenangkan adalah terapi bermain menggunakan buku bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi bermain buku bergambar terhadap perkembangan anak toddler di RW 004 Kampung Tanjung Hurip Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan dua subyek anak berusia 1 tahun 8 bulan dan 2 tahun 11 bulan yang mengalami risiko keterlambatan perkembangan. Intervensi dilakukan selama tiga hari berturut-turut menggunakan media buku bergambar, dengan observasi sebelum dan sesudah intervensi terhadap lima aspek: keterampilan sesuai usia, perawatan diri, respon sosial, kontak mata, dan afek. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kedua subyek, ditandai dengan kemampuan menyebutkan dan mengenali gambar, merapikan alat bermain, menunjukkan kontak mata, serta ekspresi emosi positif saat bermain. Terapi bermain buku bergambar terbukti dapat menstimulasi perkembangan anak usia toddler secara efektif. Orang tua diharapkan dapat menerapkan terapi bermain buku bergambar sebagai bentuk stimulasi sederhana yang bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Kata Kunci: anak toddler, perkembangan anak, terapi bermain, buku bergambar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: KTI DIII-Keperawatan
Divisions: Prodi Keperawatan
Depositing User: A.Md.Kep. Dwitia Ratna Kemuning
Date Deposited: 10 Sep 2025 06:09
Last Modified: 10 Sep 2025 06:09
URI: https://repository.universitas-bth.ac.id/id/eprint/4661

Actions (login required)

View Item View Item