CAHYADI, UJANG ALGI (2025) PENGETAHUAN MENGENAI CUCI TANGAN 6 LANGKAH PADA SISWA DAN SISWI KELAS 1 DI SEKOLAH DASAR NEGERI GOBRAS 1 KOTA TASIKMALAYA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA TASIKMALAYA.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
cover & abstrak algi.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text (BAB 1-BAB 5)
KTI 1-5.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA ALGI.pdf Download (194kB) |
Abstract
PROGRAM STUDI D III KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA Karya Tulis Ilmiah, Juli 2025 Ujang Algi Cahyadi Pengetahuan Mengenai Cuci Tangan 6 Langkah Pada Siswa Dan Siswi Kelas 1 Di Sekolah Dasar Negeri Gobras 1 Kota Tasikmalaya xiv + 47 halaman + 3 tabel + 13 lampiran ABSTRAK Cuci tangan dengan sabun merupakan kebiasaan sederhana namun sangat penting dalam mencegah penyebaran penyakit menular, terutama di kalangan anak-anak usia sekolah dasar. Kesadaran dan pengetahuan mengenai cara mencuci tangan yang benar masih rendah pada sebagian besar siswa. Cuci tangan enam langkah sesuai standar WHO dapat menjadi dasar pembentukan perilaku hidup bersih dan sehat sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa kelas 1 di SDN Gobras 1 Kota Tasikmalaya mengenai cuci tangan enam langkah sebelum dan sesudah dilakukan edukasi. Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 37 siswa kelas 1. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test menggunakan kuesioner sederhana dan observasi praktik cuci tangan. Intervensi edukasi dilakukan melalui ceramah, demonstrasi,dan praktiklangsung. Hasil Sebelum diberikan edukasi, sebagian besar siswa memiliki tingkat pengetahuan sedang (40,54%) dan rendah (32,43%), sementara yang tergolong baik hanya 27,03%. Setelah edukasi dilakukan, terjadi peningkatan signifikan: 54,05% siswa berada dalam kategori baik, 32,43% sedang, dan hanya 13,51% yang masih tergolong rendah. Hasil ini menunjukkan bahwa edukasi memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman siswa. Pemberian edukasi mengenai cuci tangan enam langkah terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa sekolah dasar. Edukasi yang disampaikan dengan metode yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan usia anak dapat membentuk kesadaran dan kebiasaan hidup bersih sejak dini. Disarankan agar kegiatan edukasi serupa dilakukan secara berkala dan berkesinambungan di lingkungan sekolah dengan melibatkan guru dan orang tua. Penggunaan media visual dan pendekatan bermain juga dapat lebih meningkatkan daya tangkap anak terhadap materi yang disampaikan. Kata Kunci Edukasi, Siswa Sekolah Dasar, Pengetahuan, Cuci Tangan Enam Langkah,
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | KTI DIII-Keperawatan |
Divisions: | Prodi Keperawatan |
Depositing User: | A.Md.Ak Ujang Algi Cahyadi |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 01:18 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 01:18 |
URI: | https://repository.universitas-bth.ac.id/id/eprint/4686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |