EFEKTIFITAS EDUKASI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA SMAN 3 TASIKMALAYA TERHADAP DAMPAK BURUK PENGGUNAAN LENSA KONTAK LUNAK

Yudha, Arditya Wira (2025) EFEKTIFITAS EDUKASI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA SMAN 3 TASIKMALAYA TERHADAP DAMPAK BURUK PENGGUNAAN LENSA KONTAK LUNAK. Diploma thesis, UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA TASIKMALAYA.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover, Abstrak.pdf

Download (289kB)
[img] Text (BAB 1-5)
BAB 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (280kB)

Abstract

ABSTRAK Efektifitas edukasi dalam meningkatkan pengetahuan siswa sman 3 tasikmalaya terhadap dampak buruk penggunaan lensa kontak lunak Arditya Wira Yudha, Cucu Nurpatonah, Nur Laili Dwi Hidayati Program Studi Refraksi Optisi, Universitas BTH Abstrak Penggunaan lensa kontak lunak tanpa pemahaman yang benar dapat membahayakan Kesehatan mata, terutama di kalangan remaja. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas edukasi menggunakan media powerpoint dalam meningkatkan pengetahuan siswa SMAN 3 Tasikmalaya tentang dampak buruk penggunaan lensa kontak lunak. Metode yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest pada 81 siswa. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pengetahuan setelah edukasi (p = 0,000). Sebelum edukasi, 43,2% siswa memiliki pengetahuan baik, meningkat menjadi 87,7% setelah edukasi. Edukasi menggunakan powerpoint terbukti efektif sebagai media penyuluhan kesehatan mata bagi siswa. Kata kunci: edukasi, lensa kontak lunak, pengetahuan siswa, powerpoint Abstract The use of soft contact lenses without proper understanding can pose health risks to the eyes, particularly among adolescents. This study aims to determine the effectiveness of education using PowerPoint media in improving students’ knowledge at SMAN 3 Tasikmalaya regarding the adverse effects of soft contact lens use. The research method employed was pre-experimental with a one-group pretest-posttest design involving 81 students. Results showed a significant increase in knowledge after the educational intervention (p = 0.000). Prior to the education, 43.2% of students had good knowledge, which increased to 87.7% afterward. Educational delivery using PowerPoint proved effective as a medium for eye health promotion among students Keywords: education, PowerPoint, soft contact lenses, student knowledge

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: KTI DIII-Refraksi Optisi
Divisions: Prodi Refraksi Optisi
Depositing User: A.Md.RO Arditya wira yudha
Date Deposited: 16 Sep 2025 00:52
Last Modified: 16 Sep 2025 00:52
URI: https://repository.universitas-bth.ac.id/id/eprint/4904

Actions (login required)

View Item View Item