FATHURROHMAN, FAHMI (2025) GAMBARAN PENGETAHUAN DIGITAL EYE STRAIN TERHADAP PENDERITA MYOPIA PADA PELAJAR DI SMA NEGERI 3 BANJAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA.
![]() |
Text (Cover dan abstrak)
Cover Dan Abstrak.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text (BAB 1-5)
BAB 1-5.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
Abstract
GAMBARAN PENGETAHUAN DIGITAL EYE STRAIN PADA PENDERITA MYOPIA TERHADAP PELAJAR DI SMA NEGERI 3 BANJAR Fahmi Fathurrohman¹, Itmam Milataka², Nur Laili Dwi Hidayati³ ¹Program Studi DIII Refraksi Optisi, Universitas Bakti Tunas Husada, Tasikmalaya, Indonesia Abstrak Penggunaan perangkat digital yang meningkat pada kalangan pelajar berdampak pada kesehatan mata, terutama pada penderita myopia. Digital Eye Strain (DES) merupakan kumpulan gejala yang muncul akibat penggunaan layar digital secara berlebihan, seperti mata kering, kabur, dan nyeri kepala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan pelajar SMA Negeri 3 Banjar yang menderita myopia terhadap DES sebelum dan sesudah diberikan edukasi melalui media PowerPoint. Penelitian menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest terhadap 57 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum edukasi, 42,1% responden memiliki pengetahuan baik, 36,8% cukup, dan 21,1% kurang. Setelah edukasi, terjadi peningkatan: 52,63% baik, 35,09% cukup, dan hanya 12,28% dalam kategori kurang. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penyuluhan dengan media PowerPoint efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai DES. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan mata di era digital, khususnya pada remaja penderita myopia. Kata Kunci: Pengetahuan, DES, Pelajar, Power Point Abstrac The increasing use of digital devices among students has significantly impacted eye health, especially among those with myopia. Digital Eye Strain (DES) is a condition characterized by symptoms such as dry eyes, blurred vision, and headaches caused by prolonged screen exposure. This study aims to describe the knowledge level of myopic students at SMA Negeri 3 Banjar regarding DES before and after being given educational intervention through PowerPoint media. A pre-experimental method with a one-group pretest-posttest design was used, involving 57 respondents. The results showed that prior to the intervention, 42.1% of respondents had good knowledge, 36.8% moderate, and 21.1% poor. After the intervention, knowledge levels improved: 52.63% were categorized as good, 35.09% moderate, and only 12.28% poor. These findings suggest that education using PowerPoint media effectively enhances students’ understanding of DES. This study highlights the importance of increasing awareness regarding eye health in the digital era, especially among adolescents with myopia. Kata kunci: Knowlodge, Power PDES, student
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | KTI DIII-Refraksi Optisi |
Divisions: | Prodi Refraksi Optisi |
Depositing User: | A.Md.RO Fahmi Fathurrohman |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 00:39 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 00:39 |
URI: | https://repository.universitas-bth.ac.id/id/eprint/5138 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |